19 Agustus 2013

Kereta Api Terakhir

Author : Pandir Kelana
Judul : Kereta Api Terakhir 
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama, November 1991
212 hlm; 18 cm
Ebook (djvu) by syauqy_arr



Sinopsis

Novel Kereta Api Terakhir ini diangkat dari peristiwa sejarah perang kemerdekaan RI tahun 1947, setelah pihak Belanda menganggap dirinya tidak terikat lagi pada Persetujuan Linggarjati. Dari kedudukan-kedudukannya di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya, tentara Kerajaan Belanda yang sudah diperkuat oleh kedatangan "Divisi 7 Desember" menyerbu memasuki wilayah-wilayah yang sepenuhnya masih dikuasai oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Letnan Herman, Letnan Sudadi, dan Sersan Tobing di-tugaskan oleh pimpinan Tentara Nasional Indonesia untuk mengungsikan alat-peralatan kereta api yang sangat vital bagi perjuangan saat itu, dari Purwokerto ke Yogyakarta, agar tidak jatuh ke tangan Belanda.

Dalam novel ini, pembaca akan memperoleh gambaran mengenai semangat juang patriot-patriot bangsa dalam jajaran Jawatan Kereta Api waktu itu. Sulit untuk dibayangkan, bahwa tugas berat sarat tantangan dan marabahaya itu dibebankan kepada pemuda-pernuda pejuang yang usianya baru sekitar dua puluhan tahun. Namun, kenyataan sejarah Membuktikan bahwa revolusi kemerdekaan RI telah memacu sikap kedewasaan pemuda-pemuda zaman itu.

______________________________________

1 komentar: