01 Agustus 2011

Serial ACI, Akar Asap Neraka

ARSWENDO ATMOWILOTO
Dalam Serial
Aku Cinta Indonesia (ACI)
Episode Akar Asap Neraka
Penerbit CV Rosda Bandung
Cetakan 1, 1986
Ebook (djvu) by syauqy_arr



Sinopsis

Ito yang memperkenalkan Joko kepada kawan-kawan-nya. Memang dulunya Joko kakak kelas Ito. Sekarang Joko sudab keluar. Katanya bekerja di kapal. Karena itu selalu banyak duitnya sehingga mampu mentraktir bakso semua temannya. Sekenyang perut mereka.

Sebenarnya Ito mencurigai Joko. Darimana ia memperoleh uang sebanyak itu? Kalau bekerja di kapal, kenapa tiap hari ada di Kota Kita, di Darat? Pak Jumingu pun, penjual bakso di kantin sekolah itu, sama mencurigai Joko. Tapi falsafat Pak Juminqun sederhana saja, seperti barangkali falstafat tukanq-tukang warung lainnya yang sederhana: asal warunqnya laku.

Lain dengan Ito. Ia mencurigai Joko pengedar obat terlarang, narkotik. Ia pun khawatir sekolahnya menjadi pusat perdagangan narkotik. Apalagi sahabat dekatnya, Amir dan Cici, seperti akan masuk perangkap Joko. Hanya karena ditraktir bakso. Contohnya Tono. Sebentar saja dompetnya menjadi tebal, mampu membeli sepatu mahal segala. Hanya sesudah bergaul dengan Joko.

Ito akhirnya merasa serba salah. Kalau dilaporkan takut mengorbankan Amir dan Cici. Tetapi Amir dan Cici tidak mau mendengar nasihatnya. Namun Ito mesti bertindak. Keselamatan sekolahnya, qenerasinya, lebih pentinq daripada persahabatannya....

____________________________________
Link Download (DJVU) - 901 KB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar